Cara memunculkan Tombol Dikte atau Voice Typing di Google Docs

Fitur Voice Typing atau Dikte di google docs merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk dapat mengetik menggunakan suara mirip seperti "Ok Google" pada Smartphone , dengan fitur ini kita dapat dengan mudah mencatat perkataan pembawa materi ataupun dosen kita ketika melakukan pembelajaraan online , jadi akan lebih mudah mendapatkan semua materinya tanpa harus capek mengetik ataupun menulisnya.

Tapi sayangnya beberapa orang mengalami kendala dalam memunculkan Fitu Voice Typing ini , beberapa dari mereka mengalami masalah dimana pilihan untuk Voice typing tidak ada di google Docs , padahal mereka sudah mengikuti sesuai instruksi dari youtube maupun di blog - blog yang membahasnya.Tapi tenang saja kami punya solusinya 

Cara Memunculkan Tombol Voice Typing (Dikte) di Google Docs

  1. Cara yang pertama yaitu kalian harus mengunjungi website google docs yaitu https://docs.google.com/document/u/0/
  2. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman depan google docs , nah akan ada beberapa pilihan template dokumen yang disediakan , disini pilih lah Resume

  3. Jika sudah masuk , hapus semua tulisan yang terdapat pada lembar dokumen. Kalian juga bisa menggunakan cara cepat yaitu Ctrl + A terus delete.

  4. Setelah menghapusnya lihat ke menu atas dan pilih menu Alat>Dikte , atau jika kalian menggunakan browser yang berbahasa inggris maka tulisan yang muncul adalah Tools>Voice Typing , atau kalian dapat langsung menekan kombinasi tombol Cntrl+Shift+S 

  5. Jika sudah akan muncul logo Mic , nah jika kalian ingin mulai berbicara maka klik logo mic itu dan ketika kalian berbicara , yang kalian ucapkan akan tertulis di lembar dokumen. 

Akhir Kata

Fitur ini mungkin akan sangat membantu untuk mencatat , tapi jangan terlalu sering menggunakan fitur ini jika kalian masih memungkinkan untuk mengetik , gunakan saja fitur ini untuk mencatat apa yang dikatakan dosen / pembicara , karena melatih kecepatan dan ketepatan mengetik dikeyboard juga sanga bermanfaat untuk digunakan didunia kerja nanti jika kalian ingin bekerja di bidang administrasi / digitalisasi.



Post a Comment

1 Comments